MASA TA’ARUF SISWA MADRASAH (MATSAMA) SECARA VIRTUAL MTs NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ditengah dilaksanakannya PPKM Darurat Jawa-Bali, kegiatan MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) tetap wajib dilaksanakan pada peserta didik baru yang akan menempuh belajar di MTs Negeri Salatiga. Hal ini membuat pelaksanaan MATSAMA tidak boleh bertatap muka secara langsung. Dengan ini, seluruh kegiatan MATSAMA wajib dilaksanakan secara virtual atau daring. Untuk mengatasi hal tersebut, MTs Negeri Salatiga menggunakan salah satu aplikasi yang sudah populer yaitu zoom meeting untuk melaksanakan acara tersebut.

Langkah ini diambil karena aplikasi zoom meeting memiliki fitur-fitur yang mendukung untuk mengadakan pertemuan virtual dengan kapasitas yang besar. Tentu hal tersebut tetap wajib didukung oleh berbagai macam alat pendukung seperti internet yang stabil, perangkat yang mumpuni, serta operator yang bisa menjalankan aplikasi tersebut dengan baik. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Salatiga, Drs. H. Mudlofir, M.M. sangat mendukung dengan palaksanaan MATSAMA secara virtual atau daring ini. “Kita harus memaksimalkan teknologi yang ada supaya seluruh peserta didik baru dapat mengikuti MATSAMA seluruhnya dengan baik,” tandasnya. Beliau juga berpesan kepada seluruh peserta MATSAMA agar selalu menaati protokol kesehatan dengan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi langsung).

MATSAMA di MTs Negeri Salatiga berlangsung selama 3 (tiga) hari dengan tambahan 2 (dua) hari sebagai persiapan. Bapak Suyanto, S.Pd. selaku ketua panitia MATSAMA MTs Negeri Salatiga 2021 sudah mengadakan rapat panitia jauh hari dengan harapan kegiatan MATSAMA tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumya. “Dua hari sebelumnya kita wajib mematangkan semua yang perlu dipersiapkan untuk MATSAMA, hari Sabtu (10/7) kita mengumpulkan semua peserta didik baru di grup WA dan hari Minggu (11/7) kita mengadakan uji coba pelaksanaan MATSAMA virtual serta penjelasan teknis untuk peserta didik” , kata Suyanto, S.Pd.

Pembukaan MATSAMA dibuka secara langsung oleh Kepala MTsN Salatiga Bapak Drs. H. Mudlofir, M.M. dengan didampingi oleh Ka. TU, dan ketua panitia MATSAMA. Pembukaan dilaksanakan pada hari senin (12/7) pukul 08.00 WIB dan dilanjutkan penyajian materi oleh narasumber hingga Pkl. 11.00 WIB. Adapun jumlah siswa baru yang mengikuti MATSAMA MTs Negeri Salatiga 2021 sebanyak 346 siswa yang berasal dari MI dan SD Kota Salatiga dan sekitarnya.  Materi hari pertama yaitu Visi, Misi, dan Tujuan Madrasah, Sejarah Madrasah, Lingkungan Madrasah, Struktur Organisasi, serta Pendidik dan Tenaga Kependidikan MTs Negeri Salatiga.

Materi keegiatan MATSAMA pada hari kedua dan ketiga meliputi

  1. Sosio Demografi Peserta Didik (Potensi Diri)
  2. Tata Tertib Madrasah
  3. Pengenalan KBM dan Model Pembelajaran di Madrasah
  4. Pengenalan Program Unggulan Madrasah
  5. Kegiatan dan Organisasi Kesiswaan
  6. Prestasi dan Alumni
  7. Kesetaraaan Gender & Anti Diskriminasi
  8. Program Robotik & Riset
  9. Penutupan

Penutupan kegiatan MATSAMA MTs Negeri Salatiga 2021 ditutup secara langsung oleh Bapak Drs. H. Mudlofir, M.M. selaku kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Salatiga. Beliau berpesan kepada seluruh peserta untuk semangat belajar di MTs Negeri Salatiga dan selalu berikan yang terbaik untuk mencapai hasil yang maksimal. “Selamat datang dan selamat belajar di MTs Negeri Salatiga,” imbuh Drs. H. Mudlofir, M.M.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts